Kurikulum

Kurikulum

SMP Raudlatul Jannah menerapkan kurikulum integrasi transdisciplinary yang mengacu pada kurikulum DIKNAS (KTSP 2006) diperkaya dengan kurikulum khas RJ (School Curriculum) dan kurikulum keluarga ( family curriculum) serta domodifikasi dengan menambahkan muatan internasional dalam hal ini adalah Cambridge Lower Secondary Programme (kurikulum Cambridge).

National Curriculum.

Kurikulum nasional diimplementasikan guru dengan menjadikan siswa sebagai subyek pembelajar (produser). Guru dituntut  untuk memiliki teaching skills, sehingga tujuan yang ditetapkan dapat tercapai dan implementasi kurikulum dapat mendalam serta memiliki perspektif yang luas.

  1. Religion (Aqidah, akhlak, fiqh, tarikh,Bahasa Arab Tarjamah)
  2. Social Studies ( Sejarah, Ekonomi, Geografi, Civic)
  3. Language A 1 ( Bahasa Indonesia)
  4. Language A 2 ( Bahasa Inggris)
  5. Art ( Music / Painting )
  6. Physical Education (Penjas)
  7. Mathematic ( Matematika )
  8. Language B (Arab & Mandarin)
  9. Technology ( ICT, Robotik )

School Curriculum.

Kurikulum sekolah difokuskan untuk membangun learning skill pada anak. Keberhasilan seseorang di era global ditentukan oleh kemampuan serta kecepatan dalam belajar. Ada tujuh (7) learning skills  yang dikembangkan : Self management skill, Thinking skill, Research skill, Communication skill, Social skill, Problem solving skill, Spiritual skill.  

Adapun untuk kurikulum khas Raudlatul Jannah adalah :

  1. Baca tulis al-Qur’an dengan metode Tilawati
  2. Hafalan surat-surat pendek juz 30 dan 29
  3. Praktek ibadah
  4. Tutorial Bidang Studi
  5. Hafalan doa harian
  6. English for Subject
  7. Bahasa Arab tarjamah

Family Curriculum

Orang tua merupakan faktor penting dalam suksesnya pendidikan anak. Sekolah memfasilitasi komunitas orang tua untuk mendapatkan ketrampilan menjadi orang tua, termasuk menyusun kurikulum keluarga. Tujuan utama program Parenting adalah memaknai peran orang tua dalam dalam perkembangan  dan pendidikan anak serta membantu orang tua untuk meyusun kurikulum keluarga.

Target Parenting : membelajari orang tua untuk dekat dengan anak sebagai sahabat, mendorong serta mendukung anak dengan tidak melepaskan perannya sebagai orang tua ( misalnya : membangun komunikasi dengan remaja, memberikan dukungan dengan efektif, pendisiplinan tanpa paksaan, dll )

International Class Programme based on CIE (Cambridge International Examination).

Cambridge Lower Secondary Programme adalah suatu program Internasional di bawah naungan University of Cambridge International Examnations (CIE), UK. CIE adalah lembaga terbesar di dunia yang menawarkan kualifikasi dan program internasional. Program ini memberikan kerangka kurikulum dasar dalam 3 bidang studi utama yaitu; Bahasa Inggris, Matematika dan Sains yang dikembangkan dengan menyelenggarakan tes yang bersifat internasional untuk mengukur keberhasilan penerapannya di bawah binaan Lab. School Universias Negeri Malang (UM).

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d blogger menyukai ini: