Good Luck! “OSIS” Perdana SMP Raudlatul Jannah

Suasana di SMP Raudlatul Jannah pada Jum’at (21/1) pukul 14.00 WIB terlihat tidak seperti biasanya. Pemandangan hiruk-pikuk dan lalu-lalang tampak di corner area SMP RJ. Mulai dari Kepala sekolah, para wakil, asâtidz dan asâtidzah, cleaning service, dan semua siswa/i tampak sangat antusias mengikuti acara yang dihelat pada hari itu.

Ya, hari itu keluarga besar SMP RJ –khususnya siswa/i– memang sedang  menyelanggarakan pesta demokrasi siswa, guna memilih ketua OSIS SMP Raudlatul Jannah untuk yang pertama kalinya. Semua pihak begitu memperlihatkan keseriusannya untuk bisa mencontreng para Kandidat Ketua OSIS periode perdana di SMP RJ ini. Satu demi satu pemilih menunggu antrian di depan bilik suara untuk menyuarakan aspirasi mereka. Semua pemilih dipanggil berdasarkan nomor urut pemilih yang sudah terdaftar di meja panitia. Pemungutan suara ini benar-benar dilakukan dengan penuh kejujuran, tertutup dan demokratis, tanpa ada rekayasa sedikitpun.

Calon ketua OSIS yang lolos menjadi kandidat ketua OSIS kala itu berjumlah 6 siswa, mereka adalah Herlambang Eka, Angger Krisna Aji, Amma Liesvaras, Reisa NF, Salsabila NK, dan Khalisa Rizky BR. Mereka terpilih menjadi calon ketua OSIS setelah lolos seleksi yang dilakukan oleh panitia dan telah menjalani rentetan panjang masa kampanye yang harus dilakukan oleh setiap calon bersama tim suksesnya.

Dalam proses “suksesi” ketua OSIS SMP RJ kali ini memang didesign layaknya suksesi event PILPRES di Indonesia. Semua berhak memilih dan dipilih, hanya saja harus melalui mekanisme pendaftaran dan dengan persyaratan tertentu yang harus dipenuhi setiap calon. Sebelum dilakukan pemungutan suara, setiap calon selama 1 minggu diberikan kesempatan untuk berkampanye lewat media gambar di sekitar sekolah. Dan puncaknya adalah 6 jam sebelum dilakukan PEMILKO (pemilihan ketua OSIS), para calon harus melewati “uji nyali” dengan dilakukan DEBAT TERBUKA berbahasa Inggris oleh panelis (Ms. Dwi) dan antar calon sendiri.

Setelah dilakukan pemungutan suara pada siang harinya, tibalah saat dilakukanya perhitungan surat suara. Suasana yang mendebarkan bagi para kandidat, tatkala satu persatu mulai terlihat jumlah suara yang mereka kantongi. Mereka dengan dikelilingi tim sukses masing-masing, bersorak-sorai ketika nama kandidiat yang mereka dukung mendapatkan suara dari pemilih.

Dan setelah semua surat suara terbacakan, ternyata dari semua kandidat belum ada yang memperoleh 2/3 suara dari jumlah pemilih. Sehingga harus dilakukan pemungutan suara tahap II, dan sesuai dengan tatib yang berhak maju ke tahap selanjutnya hanyalah 3 kandidiat dengan suara terbanyak. Setelah dilihat perolehan suara yang didapatkan, maka yang berhak lolos ke tahap II adalah Khalisa, Herlambang Eka dan Angger Krisna Aji.

Semua pendukung dari kandidiat yang tidak lolos tahap II pun harus mengerutkan dahi tanda kecewa. Mereka pun harus berpaling kepada kandidiat lain yang berhasil lolos tahap II. Waktu perhitungan suara tahap II pun tiba. Setelah semua surat suara telah dinyatakan habis terhitung, semua hadirian tiba-tiba terperangah melihat hasil yang diperoleh kedua kandidiat.

Masing-masing kandidiat yakni Khalisha dan Herlambang Eka ternyata memperolah suara yang sama persis (15:15). Padahal menurut jumlah daftar pemilih semua pemilih berjumlah 31 (terdiri dari 21 siswa dan 10 guru serta karyawan SMP RJ). Dan setelah dilakukan pengecekan, ternyata masih ada satu orang guru yang belum menyuarakan suaranya pada tahap ke-II itu. Ya, Ustadz Anuf Abd. Ghaffar ternyata orangnya. Guru SMP RJ yang menjadi “guru terbang” di SD RJ itulah yang akhirnya menjadi “decision maker” dalam menentukan siapa ketua OSIS SMP ke depan.

Melalui adegan dramatis yang cukup menegangkan, yaitu pemungutan suara terbuka melalu pesawat handphone ust. Anuf yang diperdengarkan oleh seluruh civitas SMP RJ.

“Tinggal dua calon ust. Anuf, Eka dan Khalisa. Milih siapa sekarang?” begitu tanya ust. Zam.

Dengan penuh ketegangan di tengah-tengah para pendukung kedua kandidat, terdengarlah suara ust. Anuf dengan sangat nyaring.

“Khalisa!”

Serentak para pendukung khalisa, yang rata-rata perempuan itu, bersorak gembira tanda kemenangan kandidat yang didukungnya.

“Ini adalah kemenangan kita semua,” begitu kata Khalisa dalam pidato perdananya.

Alhamdulillah, akhirnya pada hari Senin (24/1) dilangsungkan pelantikan pengurus OSIS SMP RJ Periode 2011-2012 oleh Kepala Sekolah SMP RJ. Dan dilanjutkan RAKER pengurus OSIS pada hari Sabtu (29/1). Untuk periode pertama ini OSIS SMP RJ mempunyai nama julukan “GOR” (Gerakan OSIS RJ). Semoga kepengurusan OSIS SMP RJ periode perdana ini membawa kemajuan menuju SMP RJ yang go Internasional. Amin! (Zamr)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: