Bersama Ibu Konjen Amerika di Hari Bumi dan Hari Kartini

Apa jadinya jika perayaan Hari Kartini dan Hari Bumi disatukan? Pastinya meriah sekali. Yah, tepatnya pada Kamis pagi (21 /4) SMP Raudlatul Jannah kedatangan tamu spesial yang ikut juga merayakan dua moment besar itu bersama para siswa. Beliau adalah Ibu Kristen F. Bauer, Konsulat Jenderal Amerika Serikat di Surabaya. Tepat pukul 7.30 pagi, Bu Kristen datang dengan disambut oleh seluruh siswa-siswa SMP dan SD Raudlatul Jannah beserta undangan. Perayaan Hari Bumi dan Hari Kartini kali ini bertemakan “Earth is Our Home”, yang dimaksudkan sebagai pengingat bahwa bumi merupakan rumah seluruh umat manusia, tanpa memandang jenis,ras, agama, suku atau golongan.

Acara yang diselenggarakan di hall SMP ini dipenuhi dengan antusiasme para peserta. Dalam sambutannya, Bu Kristen menerangkan tentang hubungan Indonesia-Amerika Serikat yang sangat baik. Indonesia merupakan Negara dengan keanekaragaman hayati terbesar kedua di dunia. Ini berarti peranan Indonesia di dunia juga sangat penting. Sedangkan, Amerika Serikat yang mempunyai kekuatan besar dunia turut menyumbang dalam pemeliharaan keanekaragaman hayati di Indonesia. Bu Kristen juga menyampaikan beberapa informasi mengenai beasiswa studi ke Amerika baik yang diperuntukkan untuk para siswa maupun guru-guru. Pada sesi dialog, banyak pertanyaan menarik dailontarkan oleh para siswa. Isam misalnya. Siswa SD Raudlatul Jannah ini menanyakan pendapat Bu Kristen tentang lingkungan Surabaya. Bagi beliau perkembangan lingkungan Surabaya sangat menggembirakan terutama dengan semakin banyaknya taman yang dibangun dan dipelihara. Meskipun begitu seharusnya lebih banyak taman untuk menyeimbangkan jumlah penduduk. Seperti yang beliau contohkan dengan pembangunan Central Park di New York City.

Dialog seru ini dilanjutkan menuju halaman sekolah yang cukup luas dimana beliau dan para peserta dialog dihibur dengan penampilan siswi-siswi SMP yang menampilkan musikalisasi puisi. Kemudian acara dilanjutkan dengan penanaman pohon trembesi secara simbolik oleh Bu Kristen dan Kepala Sekolah SMP Raudlatul Jannah, Drs. Djoni Arief Effendi. Beliau juga meninjau kebun sekolah yang sudah ditanami tanaman produktif, semisal terong, jagung  dan banyak lainya. Acara ini kemudian diakhiri dengan pelepasan burung yang dimaksudkan untuk turut peduli akan fenomena serangan ulat bulu yang terjadi di beberapa kawasan di Pulau Jawa. Burung yang dilepas diharapkan bisa menciptakan keseimbangan dengan memakan ulat-ulat bulu yang menyerbu pemukiman penduduk. Sebelum Bu Kristen meninggalkan tempat, beliau sekali lagi berpesan agar kita bisa saling bekerjasama dalam menjaga lingkungan. Karena bumi ini satu-satunya rumah kita bersama, rumah bagi seluruh umat manusia. (Dwi)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: