Kotoran Pun Bermanfaat

Hari Kamis tanggal 17 Juni bisa jadi adalah hari yang menggembirakan buat anak-anak. Pasalnya setelah selama seminggu berjibaku dengan ujian kenaikan kelas dua, kini anak-anak bisa sedikit refreshing dengan melakukan out door learning. Tujuan ODL kali ini adalah wisata pendidikan ke sebuah pengolahan biogas di Candi Sidoarjo. Dengan harapan anak-anak bisa mempelajari proses pengolahan biogas.

Setelah melakukan perjalanan dengan bus selama kurang lebih satu jam perjalanan, tibalah kami di peternakan sapi milik Pak Bambang. Peternakan itu sendiri tidak terlalu besar. Kira-kira hanya berukuran 10 x 20 meter saja. Sementara sapi yang dipelihara di sana ada sekitar 20 ekor. Tapi yang menarik disana terdapat pengolahan biogas yang memanfaatkan limbah kotoran sapi yang terbuang percuma.

Pak Bambang pemilik peternakan menerima kehadiran rombongan SMP Raudlatul Jannah dengan senang hati. Beliau pun dengan sabar menjelaskan kepada kami tentang banyak hal. Sedangkan anak-anak terlihat antusias mendengarkan dan bertanya dari A-Z mengenai proses pembuatan biogas.

Pak Bambang bercerita, awalnya ia hanya coba-coba saja dengan melakukan eksperimen kecil-kecilan. Mula-mula kotoran sapi dimasukkan ke dalam bejana besar yang ditanam di dalam tanah. Setelah tiga minggu kotoran sapi yang dicampur air itu baru bisa mengeluarkan gas methana. Kemudian gas methana ini dialirkan dan digunakan untuk menyalakan kompor gas dan lampu strongking yang terdapat di peternakan miliknya.

Kini Pak Bambang dengan dibantu oleh Pemda Jatim dan ITS Surabaya mencoba mengembangkan biogas yang bisa diinjectkan ke tabung elpiji ukuran tiga kilogram. Hal ini dimaksudkan untuk memberi nilai tambah biogas yang dihasilkan dan membantu pemerintah mengatasi ketersediaan energi sebagai pengganti elpiji yang kian mahal. Sedangkan sisa kotoran sapi yang sudah tidak terpakai dan tidak lagi mengandung gas methana digunakan sebagai pupuk untuk penyubur tanaman.

Di akhir kunjungan kami semua dibagikan susu sapi segar secara cuma-cuma sebagai oleh-oleh. Subhanallah, nikmat Allah mana yang hendak kita ingkari. Maha besar Allah dengan semua ciptaannya. Kotoran sapi pun ternyata bisa bermanfaat. Jadi ternyata itu semua tergantung bagaimana kita mau belajar dan memanfaatkannya. (SW)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: