Worksheet … Siapa Takut?

Sejak hari Kamis tanggal 14 Juli 2011 kemarin, siswa kelas tujuh SMP Raudlatul Jannah mulai melakukan kegiatan matrikulasi. Tujuan kegiatan ini adalah membiasakan siswa belajar dengan menggunakan panduan belajar atau yang lebih dikenal dengan sebutan worksheet. Di dalam worksheet terdapat spiritual paradigm yang menjadi inti dari materi pelajaran itu. Spiritnya adalah semua ilmu itu berasal dari Allah dan telah diterangkan dalam Al Quran. Tinggal tugas kita sebagai manusia untuk mengembangkannya dalam kehidupan.

Selanjutnya dalam worksheet itu berisi pula standar kompetensi dan kompetensi dasar yang hendak dicapai dalam setiap pembelajaran. Adapun cara untuk mencapai standar kompetensi dan kompetensi dasar tersebut, kemudian dijabarkan lagi menjadi indikator, kegiatan, dan beberapa aksi. Ciri khas dari model pembelajaran ini adalah tuntutan mastery learning atau ketuntasan pada setiap pertemuannya yang diwakili oleh satu indikator. Hal ini tidak saja memudahkan guru dalam mengevaluasi pencapaian hasil belajar siswa, tapi sebaliknya siswa juga menjadi lebih mudah menyerap materi karena dilakukan tahap demi tahap.

Yang perlu diperhatikan oleh guru adalah menjaga kelas tetap kondusif agar proses belajar mengajar bisa berlangsung dengan baik. Caranya tidak lain adalah dengan membuat suasana kelas lebih hidup dan tidak terkesan hanya melulu mengerjakan paper and pencil test. Upaya lain agar terlihat enjoy dan kelas tidak terkesan formal adalah dengan mengadakan pembelajaran yang dilakukan dengan model outing atau luar kelas. Dan assesment pun tidak semata-mata dilakukan dengan cara mengerjakan tugas tertulis, tetapi bisa menggunakan penilaian performance, diskusi, sosiodrama dsb.

Tujuan lainnya adalah agar siswa dapat secepatnya terbentuk habit berbahasa Inggris yang baik. Disamping tentunya tetap menghargai dan tidak melupakan akar budayanya sebagai kearifan lokal yaitu budaya dan bahasa Indonesia sebagai bahasa ibu mereka. Pendeknya, agar saat mereka bermimpi untuk menjadi pemimpin dunia dan bertebaran di muka bumi ini, mereka fasih menggunakan bahasa Inggris dan tidak canggung dengan globalisasi. Sementara hati mereka masih tetap berpaling ke tanah airnya, yaitu tanah tumpah darah tempat mereka dilahirkan dan mereka cintai.

Akhirnya Bismillah, selamat berjuang dan belajar anak-anakku, mudah-mudahan Allah memberi balasan seperti janjiNya dalam QS surat Al Mujadalah ayat 11: “Allah akan mengangkat orang-orang yang beriman dan berilmu pengetahuan beberapa derajat”. Begitu pula seperti diterangkan dalam hadist tentang kewajiban menuntut ilmu: ‘”Menuntut ilmu wajib bagi muslim dan muslimah” [HR. Ibnu Majah]. (SW)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: