Saling Memaafkan = Ciri Orang Beriman

Setiap insan diwajibkan untuk saling memaafkan, bukan hanya di bulan Ramadhan saja. Kita wajib memaafkan di segala bentuk, waktu, dan suasana. Sebuah hadist menjelaskan,

Tidak halal seorang muslim bermusuhan dengan kawannya lebih dari 3 hari jika telah lewat waktu tiga hari itu maka ajaklah bicara dengannya dan berilah salam. Jika dia telah menjawab salam maka keduanya mendapat pahala dan jika dia tidak membalasnya, maka dia kembai dengan membawa dosa, sedang orang yang member salam telah keluar dari dosa. (HR.Daud)

Dari hadist tersebut jelas maknanya, pentingnya kita memberi maaf dan meminta maaf.

Hari Kamis, 8 September merupakan hari pertama SMP Raudlatul Jannah masuk sekolah. Pada hari itu pembelajaran tidak efektif, karena bertepatan dengan Hari Raya Idul Fitri. Seperti biasa kegiatan diawali dengan saling meminta maaf baik siswa dengan siswa, siswa dengan para guru, dan seluruh warga sekolah.

Diharapkan dengan acara halal bihal tersebut bisa mengajarkan anak pentingnya memberi dan meminta maaf . setelah halal bihalal selesai, anak-anak menikmati bekal makanan dan minuman yang mereka bawa dari rumah. Semua anak saling berbagi, tidak ada kata ‘pelit’ dalam kegiatan ini. Sambil menikmati makanan, anak-anak mendengarkan cerita dari salah satu teman mereka tentang pengalaman mereka waktu liburan hari Raya Idul Fitri. (ARI)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: