Bimbing Aku Menjadi Manusia yang Berakhlak Mulia


 

Sesungguhnya Ibrahim adalah seorang imam yang dapat dijadikan teladan lagi patuh kepada Allah dan hanif. Dan sekali-kali bukanlah dia termasuk orang-orang yang mempersekutukan (Tuhan).(QS. Al Nahl: 120)

 

Sesuai dengan ayat Al Quran di atas kedudukan guru di sekolah bukan hanya menyalurkan ilmu yang beliau miliki. Sebenarnya kedudukan guru lebih dari itu. Salah satu tugas guru  atau pendidik adalah sebagai teladan yang baik dan panutan untuk peserta didiknya. Hal tersebut adalah hal yang paling sulit, karena kalau ingin peserta didik kita berakhlak mulia, kita harus melihat diri kita sendiri.

SMP Raudlatul Jannah adalah sekolah yang berpayung keislaman. Peserta didik dan semua yang terlibat di dalamnya harus sesuai dengan syariat Islam. Ini merupakan salah satu kelebihan SMP Raudlatul Jannah. Peserta didik SMP Raudlatul Jannah bukan hanya yang berasal dari sekolah yang berbasis keislaman oleh karena itu SMP Raudlatul Jannah mempunyai program yang diberi nama GURU ASUH. Guru asuh bisa disebut psikolog bagi anak-anak. Fungsi guru bukan hanya menangani peserta didik yang mempunyai masalah di sekolah maupun di luar sekolah. Tetapi tugas guru asuh sangat beragam, salah satu fungsi guru asuh adalah membimbing anak menjadi lebih berakhlak.

Setiap pendidik mempunyai anak asuh 3 – 4 peserta didik. Satu minggu sekali peserta didik diwajibkan melakukan bimbingan. Bimbingan tersebut bisa bersifat akademik maupun non akademik. Situasi bimbingan dibuat senyaman mungkin, agar peserta didik tidak ragu untuk mengeluarkan segala permasalahan pada dirinya. Program guru asuh diharapkan ada kedekatan antara pendidik dengan anak didik. Hal itu akan mempermudah guru untuk menyalami karakter setiap peserta didik. Dengan demikian pendidik akan mudah membentuk anak menjadi anak yang lebih baik dan berakhlak mulia. (August)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: