Hati Tenang, Perut Pun Kenyang

Walau hari masih pagi, tapi mereka seperti sudah tak sabar. Beberapa anak kelas 7 berinisiatif bertanya kepada ust. Dwi selaku penanggungjawab kegiatan tadarus keliling. Akhirnya tepat jam 08.00 mereka berangkat ke rumah Khalisa di perumahan Bhayangkara  Setelah sebelumnya siswa kelas 7 dan 8 menerima pembekalan materi karya tulis ilmiah dari ust. Nanik. Ada yang menumpang mobil antar jemput milik Pak Pri, tapi kebanyakan mereka naik motor beramai-ramai.

Acara dimulai dengan mengaji Juz Amma’ bersama. Dilanjutkan dengan mengaji secara bergiliran satu per satu. Bagi yang tidak menyimak bisa dipastikan tidak akan tahu kelanjutan dari bacaan temannya. Dan sebagai hukuman adalah tadarus sambil duduk di tengah-tengah hadirin dan dijadikan “hidangan” untuk dilihat bersama.

Dalam sambutan dan taushiyah nya ust. Djati mengatakan tentang pentingnya menjaga silaturrahmi kepada siapa saja. Terutama kepada seluruh umat Islam. Karena sesungguhnya umat Islam itu adalah saudara yang digambarkan sebagai hubungan mata dan tangan. Bila tangan terluka maka mata pun menangis. Dan bila mata terasah perih maka  tangan pun mengusapnya. Karena ituIslam tidak hanya mengajarkan kepada umatnya untuk menjaga hubungan kepada Allah, tetapi juga menjaga hubungan terhadap sesama.
Sebagaimana firman-Nya dlm Q.S An-Nisa :1 :
“Dan bertaqwalah, yang dengan (mempergunakan) Nama-Nya kamu saling meminta satu sama lain, dan (peliharalah) hubungan silaturahmi. Sesungguhnya Allah selalu menjaga dan mengawasimu”

Akhirnya tadarus keliling di rumah Khalisa kali ini diakhiri ramah-tamah dengan makan siang bersama. Hm …  ada dua nikmat Allah begitu terasa siang itu. Hati tenang karena telah melakukan tadarus dan mendapatkan tausiyah. Serta perut pun kenyang karena telah makan siang bersama.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: