Batik Ku Nan Cantik

Batik Indonesia secara resmi diakui UNESCO dengan dimasukkan ke dalam Daftar Representatif sebagai Budaya Tak-benda Warisan Manusia (Representative List of the Intangible Cultural Heritage of Humanity) dalam Sidang ke-4 Komite Antar-Pemerintah (Fourth Session of the Intergovernmental Committee) tentang Warisan Budaya Tak-benda di Abu Dhabi. (Antara, 2 Oktober 2011)

Untuk memperingati Hari Batik Nasional yang jatuh pada tanggal 2 Oktober 2011 maka SMP Raudlatul Jannah Sidoarjo melakukan kegiatan membuat batik. Tujuan lain ialah agar siswa tetap mencintai batik sebagai warisan budaya bangsa Indonesia dan turut melestarikannya. Agar mereka tidak kehilangan kearifan lokal ditengah derasnya pergaulan dunia yang global.

Tapi kali ini batik yang dibuat cukup unik. Batik ini menggunakan teknik ikat dan celup. Pertama-tama siswa menyiapkan kaos oblong atau kain berwarna putih polos. Kemudian untuk membuat motifnya mereka mengikat bagian-bagian tertentu dengan karet. Ikatan-ikatan itu ada yang diisi dengan kelereng. Hal ini dilakukan untuk menciptakan efek bulat. Ada pula yang menggunakan tali rafia untuk memunculkan efek tak beraturan. Makin banyak kreasi dari teknik mengikat ini maka makin banyak pula variasi motifnya.

Kemudian setelah selesai pada tahap mengikat diteruskan dengan tahap mencelup. Mula-mula disiapkan air panas untuk melarutkan berbagai bahan pewarna. Lalu pewarna dimasukan dalam ember kecil. Selanjutnya kaos yang sudah diikat tadi di celupkan ke dalam ember berisi warna merah, kuning, biru, hijau dan seterusnya.

Setelah semua selesai lantas kaos dijemur. Dalam proses penjemuran ini yang perlu diperhatikan adalah jangan langsung dijemur di bawah sinar matahari langsung. Melainkan hanya diangin-anginkan saja. Hal ini dimaksudkan supaya warna batik tidak cepat memudar. Kemudian setelah kering dan diseterika maka jadilah sebuah kaos batik yang unik kreasi sendiri. Anak-anak pun terlihat semangat dan sangat puas dengan hasilnya. (SW)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: