YEAR 2012, TIME TO CHANGE !

Begitu cepat rasanya waktu berjalan. Tahun 2011 yang baru saja berlalu kini telah berganti angka menjadi 2012. Bertambahnya angka tahun, bertambah pula umur manusia di jagad raya ini. Tetapi banyak manusia tidak sadar bahwa bertambahnya umur kita, sesungguhnya menjadi pertanda berkurangnya usia kita. Karena hidup bagaikan perjalanan panjang yang terus menerus bergerak menuju garis finis. Pergantian tahun adalah sesuatu kejadian rutin yang akan dijumpai manusia selama waktu masih terus berjalan. Sebagai umat muslim, kita sebenarnya mempunyai tahun baru sendiri yang jatuh setiap tanggal 1 Muharam. Namun karena kuatnya pengaruh budaya dan lingkungan sekitar maka tidak sedikit umat Islam yang larut dalam perayaan tahun baru pada 1 Januari 2012 kemarin.

Sehingga ketika datang moment pergantian tahun, maka yang justru sibuk dipersiapkan oleh banyak orang –bahkan persiapan yang dilakukannya pun sudah beberapa bulan sebelumnya- adalah pesta kembang api, pesta petasan, terompet, begadang sampai pagi dan lain sebagainya.

Padahal Allah SWT telah mengingatkan umat manusia dalam firman-Nya, bahwa hal yang paling tepat ketika datang moment pergantian tahun adalah upaya untuk mengintropeksi diri (muhasabah), atau mengingat kembali atas semua yang sudah kita perbuat selama setahun lamanya.

“Wahai orang-orang yang beriman! Bertakwalah kepada Allah dan hendaklah setiap setiap orang memperhatikan apa yang telah diperbuatnya untuk hari esok (akhirat). Sesungguhnya Allah Maha teliti terhadap yang kamu kerjakan.’ (QS. 59:18)

Mengintrospeksi diri tentu akan jauh lebih bermanfaat dibandingkan merayakan tahun baru dengan pesta hura yang tidak ada faidah dan manfaatnya. Dan Allah sangat mencintai hambaNya yang bertaubat. Sebagaimana firman Allah:

“(Malaikat-malaikat) yang memikul ‘Arsy dan (malaikat) yang berada di sekelilingnya bertasbih dengan memuji Tuhannya dan mereka beriman kepadaNya serta memohonkan ampunam untuk orang-orang yang beriman, seraya berkata : “Ya Tuhan kami, rahmat dan ilmu yang ada padaMu meliputi segala sesuatu, maka berikanlah ampunan kepada orang-orang yang bertaubat dan mengikuti jalan agamaMu dan peliharalah mereka dari adzab nereka.” (Q.S Gafir:7)

Setelah kita selesai mengintrospeksi diri, maka hal lain yang tidak kalah pentingnya adalah memanfaatkan momentum tahun baru dengan menuliskan target-target kita untuk setahun yang akan datang, agama juga sangat menganjurkan kita untuk menuliskan rencana-rencana kita ke depan. Meski pada akhirnya rencana Allah itu jauh lebih baik daripada rencana kita. Setiap kita pasti punya target yang berbeda, tuliskan semua target itu pada sebuah “buku agenda” dengan begitu kita akan tahu apa saja yang harus kita perbuat untuk selanjutnya dan kita juga akan selalu terpacu untuk meraihnya ketika kita sering membacanya. Langkah ini juga diharapkan dapat membuat kita lebih semangat dan dapat memanfaatkan waktu dengan sebaik-baiknya.

Sehingga tahun baru kali ini akan dimaknai sebagai momen penting tertanamnya sebuah janji bagi kita untuk merubah diri menuju pribadi “baru” yang lebih baik.

Bagi keluarga besar Raudlatul Jannah, 2012 adalah janji baru dengan jiwa dan semangat barunya dalam menata segala aspek tatanan di rumah besar “Raudlatul Jannah”. Artinya, seluruh elemen harus bersemangat untuk bergerak menuju perubahan baru yang lebih baik, profesional, disiplin, dan menjadi teladan untuk orang disekitarnya lebih-lebih untuk anak didik.

Bagi para pimpinan, tahun 2012 semoga dapat dijadikan sebagai tahun untuk memulai pengoptimalan kinerja. Kebijakan-kebijakan strategis terkait dengan kelembagaan, peningkatan kualitas SDM, system kesejahteraan guru dan karyawan serta anak didik, mutu sekolah, peningkatan prestasi siswa, baik akademik maupun non akademik, hubungan dengan komite dan wali murid serta hal-hal lain yang mengacu pada visi – misi lembaga / sekolah.

Bagi para guru sebagai garda terdepan dalam proses pendampingan siswa, tahun 2012 semoga menjadi lembaran baru untuk meng-upgrade spirit baru yang barangkali mulai berkurang. Mendampingi anak didik untuk menjalani proses pendidikan sungguh merupakan tanggung jawab yang berat. Oleh karenanya, spirit yang prima selalu diperlukan agar anak didik juga ikut bersemangat untuk meraih prestasi juaranya di tahun ini. Bukan hanya kompetensi bidang studi, kecakapan mengajar ataupun classroom management  yang handal yang harus dikuasai oleh seorang pendidik, tetapi kedekatan kepada Allah SWT Sang Maha Pandai (al-Alim) dan keteladanan yang positif yang juga akan mampu memantulkan “Nuur (cahaya)” yang akan menyinari hati siswa-siswi. Karena “ ilmu adalah cahaya” dan cahaya tidak akan bisa memantul dari hati kita yang keruh.

Sedang bagi siswa, tahun 2012 harus menjadi momentum meraih juara. Kalau tahun lalu sudah merasa menjadi juara, maka pertahankan juara itu dan raih kembali juara-juara yang belum engkau raih. Ingat, prestasimu tidak sesempit yang ada dalam benak kalian. Kejar terus prestasi itu tanpa pernah putus asa. Tetapi jangan lupa, untuk bisa meraih itu jangan hanya mengandalkan IQ dan potensi diri kalian semata, karena akan mengarah kepada keseombongan, tetapi raihlah Rahmat Allah melalu shalat malam dan panjatan do’a kalian. Karena prestasi tanpa perjuangan itu BOHONG dan meraih prestasi tanpa berdoa itu berarti SOMBONG.

Akhirnya, sekali lagi, semangat dan keseriusan serta tekad dari seluruh komponen kita untuk menuju pribadi yang baru dan lebih baik di semua lini harus ditanamkan demi kehidupan dan lingkungan baru yang dicita-citakan. Selamat tahun baru 2012. (*) zamroni_teha

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: