Pondok Ramadhan: Paling Ditunggu Siswa

Seluruh siswa SMP Raudlatul Jannah mulai berkumpul mengitari meja makan. Tampaknya mereka sedang berbuka puasa dengan menikmati ta’jil yang telah disediakan oleh panitia pesantren ramadhan 1432H. Meskipun sederhana tapi tetap tidak mengurangi kekhusyukan mereka dalam menjalankan ibadah puasa.

Dimulai hari Senin sore tanggal 15 Agustus dan berakhir pada hari Rabu pagi tanggal 17. Semua siswa mengikuti pesantren Ramadhan dengan antusias. Terlihat mereka melahap semua materi yang diberikan oleh berbagai nara sumber. Diantara para narasumber itu ada ust. Djoni Arief, ust. Suhadi, dan ust. Darwis.

Yang menarik adalah tausiyah ust. Zamroni dalam ceramah tarawihnya mengatakan bahwa ibadah yang dilakukan oleh manusia sesungguhnya untuk kebutuhan manusia itu sendiri. Ibadah adalah hubungan manusia dengan penciptanya  (Allah SWT). Bagaimana ibadah kita Allah lah yang menilainya.

Pondok Ramadhan kali ini berbeda dengan tahun lalu. Karena pondok ramadhan tahun ini diikuti oleh anak kelas VII dan kelas VIII. Semakin banyak peserta semakin membuat pondok ramadhan kali ini berkesan. Banyak cerita dibalik kegiatan ini. Kita sebagai pengasuh bisa melihat kebiasaan anak-anak jika berada di rumah. Ada salah satu cerita, ada salah satu murid yang tidak bisa tidur jika tidak di pupuk (dibelai secara berlahan) ini adalah tantangan kita, bagaimana kita bisa menghilangkan kebiasaan buruk anak-anak dan melatih mereka lebih percaya diri serta mandiri. Secara garis besar acara pondok Ramadhan berjalan dengan lancar. (Ust Jati)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: